DIANTARA SEBAB LEMAHNYA KEYAKINAN

🎙Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah berkata:

"Maka termasuk lemahnya keyakinan, dengan engkau ridha untuk manusia dengan sesuatu yang Allah murkai; ketika kamu takut kepada manusia lebih daripada rasa takutmu kepada Allah.

💦Hal ini termasuk musibah yang menimpa umat Islam di masa ini.

👉🏻 Sehingga, kamu temui seseorang datang kepada orang lain lalu ia memujinya. Dan terkadang pujian itu tidak ada padanya. Sedangkan ia tidak menjelaskan aib-aib yang ada pada orang tersebut.

💥 Hal seperti ini bagian dari kemunafikan.

☝🏻Bahkan sebagai nasihat, seharusnya kamu menjelaskan aib-aibnya kepadanya agar ia berhati-hati dan berjaga-jaga darinya.

✍🏻 Dan tidak mengapa untuk kamu menyebut perkara-perkara yang terpuji padanya sebagai penyemangat (untuk rujuk dari kesalahannya), apabila ia aman dari teperdaya dengan pujian itu."

🌏 Al-Qaulul Mufiid 'ala Kitaabit Tauhid al-'Utsaimin hal. 176.

_________________

قال الشيخ محمد بن صالح العثيمين رحمه الله:

فمن ضعف اليقين أن ترضي الناس بسخط الله; إذ إنك خفت الناس أكثر مما تخاف الله، وهذا مما ابتليت به الأمة الإسلامية اليوم; فتجد الإنسان يجيء إلى شخص فيمدحه، وقد يكون خاليا من هذا المدح، ولا يبين ما فيه من عيوب، وهذا من النفاق وليس من النصح والمحبة، بل النصح أن تبين له عيوبه ليتلافاها ويحترز منها، ولا بأس أن تذكر له محامده تشجيعا إذا أمن في ذلك من الغرور.

[ القول مفيد على كتاب التوحيد، العثيمين، ص.١٧٦. ]

_______________
#bersabar di atas apa yang Allah ridhai walaupun orang-orang murka dan benci

Alih bahasa: al Ustadz Abu Yahya al Maidany

Tidak ada komentar