HAL PENTING YANG HARUS DIINGAT KETIKA SHALAT SHUBUH DAN ASHAR BERJAMA'AH

**

وعن أَبي هُريرةَ قالَ: قَالَ رسولُ اللَّهِ ﷺ: يَتَعَاقَبُونَ فِيكم مَلائِكَةٌ بِاللَّيْلِ، وملائِكَةٌ بِالنَّهَارِ، وَيجْتَمِعُونَ في صَلاةِ الصُّبْحِ وصلاةِ العصْرِ، ثُمَّ يعْرُجُ الَّذِينَ باتُوا فِيكم، فيسْأَلُهُمُ اللَّه وهُو أَعْلمُ بهِمْ: كَيفَ تَرَكتمْ عِبادِي؟ فَيقُولُونَ: تَركنَاهُمْ وهُمْ يُصَلُّونَ، وأَتيناهُمْ وهُمْ يُصلُّون. متفقٌ عَلَيْهِ.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu beliau berkata: Rasulullah-shalallahu alaihi wasallam-bersabda:

"Silih berganti para malaikat di malam hari dan malaikat di siang hari berada di tengah kalian, mereka berkumpul dalam shalat Shubuh dan shalat Ashar, kemudian naik ke langit dari mereka yang bermalam di tengah kalian. Lalu Allah bertanya kepada mereka -dan Dia lebih mengetahui tentang mereka(hamba-hamba-Nya):

"Bagaimana keadaan hamba-hamba-Ku saat kalian meninggalkan mereka?"

Mereka menjawab:

"Kami tinggalkan mereka dalam kondisi mereka shalat. Dan kami datang kepada mereka dalam keadaan mereka shalat." Muttafaqun 'alaih.

-----------------
Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin rahimahullah berkata:

“Selayaknya bagi seseorang untuk menghadirkan hal ini ketika ia melaksanakan shalat Fajar(Shubuh), yaitu:

Bahwasannya malaikat yang diserahkan urusan menjaga bani Adam sedang berkumpul di dalam shalat ini. Dan demikian pula ketika shalat Ashar.

💦 Namun kita –demi Allah- kerap lalai sehingga lewat dari kita dua shalat ini, seakan-akan keduanya sebagaimana shalat yang lainnya. Hal ini disebabkan kelalaian dari perkara-perkara yang agung ini.

☝🏻Jika tidak, maka andai kamu merasakan kehadiran –ketika kamu shalat Fajar- bahwa malaikat malam dan malaikat siang menyaksikan bersamamu dalam shalat ini, demikian pula shalat Ashar, niscaya kamu temui dua shalat ini perkaranya besar dan urusannya sangat agung yang tidak ditemui pada selain keduanya.”

🌏 Syarh Al-Kaafiyah Asy-Syaafiyah, Al-‘Utsaimin, 2/ 85.

▪️قال العلامة ابن عثيمين رحمه الله :

ينبغي للإنسان أن يستحضر هذا وهو يصلِّي الفجر ، وهو أنَّ الملائكة الموكَّلين بحفظ بني آدم مجتمعون في هذه الصلاة

وكذلك عند صلاة العصر،

لكننا والله نغفُل كثيرًا حتى تمُرّ بِنَا هاتان الصلاتان، وكأنهما بقية الصلوات ، وهذا أمرٌ سببه الغفلة عن هذه الأمور العظيمة ،

وإلا فإنك لو استحضرت وأنت تصلي الفجر أن ملائكة الليل وملائكة النهار شاهدون معك في هذه الصلاة ، وكذلك في العصر ، لوجدتَ لهاتين الصلاتين شأنًا كبيرًا ، وأمراً عظيمًا ، لا تجده في غيرهما .


📚 شرح الكافية الشافية : (85/2)

----------------------------------

Alih bahasa: al Ustadz Abu Yahya al Maidany

Tidak ada komentar