BERADA DI KELUARGA YANG TIDAK ISTIQAMAH? JANGAN BERSEDIH, KITA BUKAN ORANG YANG PERTAMA.....(3)

[Senantiasa Sabar, Tawakal, Istiqamah, Bersyukur, dan Berdoa agar turun Hidayah kepada Mereka]

ASIYAH BINTU MUZAAHIM DAN FIR’AUN –SUAMINYA-

وَضَرَبَ اللَّهُ مَثَلاً لِّلَّذِينَ آمَنُوا اِمْرَأَةَ فِرْعَوْنَ إِذْ قَالَتْ رَبِّ ابْنِ لِي عِندَكَ بَيْتاً فِي الْجَنَّةِ وَنَجِّنِي مِن فِرْعَوْنَ وَعَمَلِهِ وَنَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ ﴿١١﴾

Dan Allah membuat isteri Fir`aun perumpamaan bagi orang-orang yang beriman, ketika ia berkata: "Wahai Rabbku, bangunlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam surga dan selamatkanlah aku dari Fir`aun dan perbuatannya dan selamatkanlah aku dari kaum yang zalim". Q.S. At-Tahriim: 11.

🎙Asy-Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’diy rahimahullah berkata:

Dan Allah membuat isteri Fir`aun perumpamaan bagi orang-orang yang beriman, dia adalah Asiyah bintu Muzaahim radhiallahu ‘anha.

ketika ia berkata: "Wahai Rabbku, bangunlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam surga dan selamatkanlah aku dari Fir`aun dan perbuatannya dan selamatkanlah aku dari kaum yang zalim". maka Allah menyifatinya dengan keimanan dan merunduk memohon kepada Rabbnya serta memohon permintaan yang paling mulia, yaitu:
▪ masuk Surga dan berada di sisi Rabb Yang Maha Dermawan.
▪Dan juga permohonannya untuk diselamatkan dari fitnah Fir’aun dan amalan-amalannya yang jelek , serta dari fitnah setiap pelaku kezaliman.

Maka Allah mengabulkan untuknya, sehingga ia hidup di atas iman dan keteguhan yang sempurna serta selamat dari ujian.”

📖 Taisirul Kariimir Rahman, As-Sa’diy, hal. 1037.

______________

✍🏻 FAIDAH DAN KAIDAH AGUNG:

🎙Al-Imam Ibnul Qayyim al-Jauziyyah rahimahullah berkata:

“Bahwasannya hubungan antara orang mukmin dengan kafir sama sekali tidak akan memudharatkan orang mukmin selama ia berlepas dari orang kafir tersebut dalam kekufuran dan amalannya.

✍🏻 Sehingga kemaksiatan orang lain tidak akan bermudharat kepada orang mukmin sedikitpun di Akhirat kelak, walaupun (bisa jadi) ia akan merasakan mudharatnya saat di dunia dengan sebab datangnya hukuman yang melanda penduduk bumi, ketika mereka menelantarkan perintah Allah sehingga mendatangkan musibah yang berlaku umum(menimpa semua orang, yang shalih dan yang fasik, pent.).

☝🏻Maka tidak bermudharat kepada isteri fir’aun, hubungan dengannya  (fir’aun)yang dia adalah orang kafir yang paling kufur.”

📖 Bada’iut Tafsiir: Al-Jaami’ li Tafsiir Ibnil Qayyim, 4/ 488.

____________
✍🏻 INGAT:
👉🏻"tidak akan memudharatkan orang mukmin selama ia berlepas dari orang kafir tersebut dalam hal kekufuran dan amalannya."

Alih bahasa: al Ustadz Abu Yahya al Maidany