DIANTARA ORANG YANG PALING MERUGI DALAM MELEWATI BULAN RAMADHAN

🎙Asy-Syaikh Muhammad bin Shalih al-'Utsaimin rahimahullah

PERTANYAAN:

"Apa yang Anda nasihatkan kepada orang-orang yang melewati kebanyakan siang Ramadhan dengan tidur dan sedikit berdzikir?

Kami mohon arahan kepada amalan yang benar bagi mereka ini, semoga Allah membalas Anda dengan kebaikan."

JAWABAN:

"Saya mengajak segenap saudara-saudaraku, dan aku mulai dengan diriku sendiri, untuk kita memanfaatkan bulan yang penuh berkah ini.

🤲🏻 Saya memohon kepada Allah agar Dia sampaikan kepada kami dan kalian untuk melaksanakan puasa dan qiyamnya dengan penuh iman dan ihtisab(mengharap ganjaran pahala).

☝🏻Hendaknya kita memanfaatkannya dengan amalan-amalan shalih, dari berdzikir, tilawah Al-Qur'an, shalat, sedekah, berbakti kepada kedua orangtua, bersilaturahmi, dan berakhlak mulia (kepada makhluk).
👉🏻Sebab ia adalah bulan yang kadangkala tidak akan berulang atas insan untuk kedua kalinya.

❗Adapun mereka yang begadang di malam hari dan tidur di siang hari maka mereka termasuk orang yang paling merugi.
👉🏻Sebab, mereka menyia-nyiakan malam tanpa ada faidah di dalamnya. Bahkan mungkin dalam kemudharatan. Dan mereka menyia-nyiakan siang hari pula, dengan banyak tidur. Bisa jadi ia tertidur dari shalat Zhuhur dan shalat Ashar.

💡Sehingga, nasihatku untuk saudara-saudaraku, kaum muslimin, agar mereka bertakwa kepada Allah 'azza wa jalla dan mengambil peluang emas musim-musim (beramal).

☝🏻Sungguh hal itu, demi Allah, lebih sangat penting -daripada musim jual-beli- dalam hal kewajiban untuk bersemangat atasnya."

🌏 Sumber:
binothaimeen.net/content/1597

________
#masih ada waktu untuk memperbaiki dan meningkatkan Amalan Shalih.

Alih bahasa: al Ustadz Abu Yahya al Maidany